Monday, February 18, 2019

Summary Chapter 2 : POINT – TO – POINT CONNECTION

Summary Chapter 2 : POINT – TO – POINT CONNECTION





Salah satu jenis koneksi WAN yang paling umum, terutama dalam komunikasi jarak jauh, adalah koneksi point-to-point, juga disebut koneksi serial atau leased-line. Karena koneksi ini biasanya disediakan oleh operator, seperti perusahaan telepon, batas antara apa yang dikelola oleh operator dan apa yang dikelola oleh pelanggan harus ditetapkan dengan jelas.

Bab ini mencakup istilah, teknologi, dan protokol yang digunakan dalam koneksi serial. HDLC dan Point-to-Point Protocols (PPP) diperkenalkan. HDLC adalah protokol default pada antarmuka serial router Cisco. PPP adalah protokol yang mampu menangani otentikasi, kompresi, deteksi kesalahan, memantau kualitas tautan, dan secara logis menggabungkan beberapa sambungan serial bersama untuk berbagi beban.

Serial and Parallel Ports

` Komunikasi di seluruh koneksi serial adalah metode transmisi data di mana bit ditransmisikan secara berurutan melalui saluran tunggal. Ini setara dengan pipa yang cukup lebar untuk muat satu bola dalam satu waktu. Beberapa bola bisa masuk ke pipa, tetapi hanya satu pada satu waktu, dan mereka hanya memiliki satu titik keluar, ujung pipa lainnya. Port serial bersifat bidirectional, dan sering disebut sebagai port dua arah atau port komunikasi.


WAN Encapsulation Protocols

Pada setiap koneksi WAN, data dienkapsulasi menjadi frame sebelum melintasi tautan WAN. Untuk memastikan bahwa protokol yang benar digunakan, jenis enkapsulasi Layer 2 yang sesuai harus dikonfigurasi. Pilihan protokol tergantung pada teknologi WAN dan peralatan komunikasi. Berikut ini adalah deskripsi singkat dari masing-masing jenis protokol WAN:

HDLC - Jenis enkapsulasi default pada koneksi point-to-point, tautan khusus, dan koneksi circuit-switched ketika tautan menggunakan dua perangkat Cisco. HDLC sekarang menjadi dasar untuk PPP sinkron yang digunakan oleh banyak server untuk terhubung ke WAN, paling umum Internet.

PPP - Menyediakan koneksi router-ke-router dan koneksi host-ke-jaringan melalui sirkuit sinkron dan asinkron. PPP bekerja dengan beberapa protokol lapisan jaringan, seperti IPv4 dan IPv6. PPP didasarkan pada protokol enkapsulasi HDLC, tetapi juga memiliki mekanisme keamanan bawaan seperti PAP dan CHAP.

Serial Line Internet Protocol (SLIP) - Protokol standar untuk koneksi serial point-to-point menggunakan TCP / IP. SLIP sebagian besar telah digantikan oleh PPP.

X.25 / Link Access Procedure, Balanced (LAPB) - Standar ITU-T yang mendefinisikan bagaimana koneksi antara DTE dan DCE dipertahankan untuk akses terminal jarak jauh dan komunikasi komputer dalam jaringan data publik. X.25 menentukan LAPB, sebuah protokol lapisan data link. X.25 adalah pendahulu Frame Relay.

Frame Relay - Standar industri, diaktifkan, protokol lapisan data link yang menangani beberapa sirkuit virtual. Frame Relay adalah protokol generasi selanjutnya setelah X.25. Frame Relay menghilangkan beberapa proses yang memakan waktu (seperti koreksi kesalahan dan kontrol aliran) yang digunakan di X.25.

ATM - Standar internasional untuk relai sel di mana perangkat mengirim beberapa jenis layanan, seperti suara, video, atau data, dalam sel dengan panjang tetap (53-byte). Sel-sel dengan panjang tetap memungkinkan pemrosesan terjadi dalam perangkat keras; dengan demikian, mengurangi penundaan transit. ATM memanfaatkan media transmisi berkecepatan tinggi seperti E3, SONET, dan T3

HDLC Enkapsulasi

HDLC adalah protokol lapisan data tautan sinkron bit-oriented yang dikembangkan oleh International Organization for Standardization (ISO). Standar saat ini untuk HDLC adalah ISO 13239. HDLC dikembangkan dari standar Sinkronisasi Data Link Control (SDLC) yang diusulkan pada tahun 1970-an. HDLC menyediakan layanan connection-oriented dan connectionless.

PPP
Enkapsulasi PPP telah dirancang secara hati-hati untuk mempertahankan kompatibilitas dengan perangkat keras pendukung yang paling umum digunakan. PPP merangkum bingkai data untuk transmisi melalui tautan fisik Layer 2. PPP menetapkan koneksi langsung menggunakan kabel serial, saluran telepon, saluran utama, telepon seluler, sambungan radio khusus, atau tautan serat optik.

PPP berisi tiga komponen utama:

HDLC-seperti framing untuk mengangkut paket multiprotocol melalui tautan point-to-point.

Extensible Link Control Protocol (LCP) untuk membangun, mengkonfigurasi, dan menguji koneksi data-link.

Family of Network Control Protocols (NCPs) untuk menetapkan dan mengonfigurasi protokol lapisan jaringan yang berbeda. PPP memungkinkan penggunaan simultan dari beberapa protokol layer jaringan. NCP yang paling umum adalah IPv4 Control Protocol dan IPv6 Control Protocol.

Ada banyak keuntungan menggunakan PPP, termasuk fakta bahwa itu bukan hak milik. PPP mencakup banyak fitur yang tidak tersedia di HDLC:

Fitur manajemen kualitas tautan (LQM) memonitor kualitas tautan. LQM dapat dikonfigurasi dengan perintah antarmuka ppp persentase kualitas. Jika persentase kesalahan turun di bawah ambang batas yang dikonfigurasi, tautan dihapus dan paket dirutekan ulang atau dijatuhkan.

PPP mendukung otentikasi PAP dan CHAP. Fitur ini dijelaskan dan dipraktikkan di bagian selanjutnya

LCP Operation

Operasi LCP mencakup ketentuan untuk pembentukan tautan, pemeliharaan tautan, dan penghentian tautan. Operasi LCP menggunakan tiga kelas frame LCP untuk menyelesaikan pekerjaan dari masing-masing fase LCP:

Kerangka pembentukan tautan membuat dan mengonfigurasi tautan (Konfigurasi-Permintaan, Konfigurasi-Ack, Konfigurasi-Nak, dan Konfigurasi-Tolak).

Link-frame pemeliharaan mengelola dan men-debug sebuah tautan (Kode-Tolak, Protokol-Tolak, Echo-Request, Echo-Reply, dan Discard-Request).

Frame penghentian tautan mengakhiri tautan (Pengakhiran-Permintaan dan Hentikan-Habis).

Pada bagian sebelumnya, opsi-opsi LCP yang dapat dikonfigurasi diperkenalkan untuk memenuhi persyaratan koneksi WAN yang spesifik. PPP dapat mencakup beberapa opsi LCP:

Otentikasi - router Peer bertukar pesan otentikasi. Dua pilihan otentikasi adalah Password Authentication Protocol (PAP) dan Challenge Handshake Authentication Protocol (CHAP).

Kompresi - Meningkatkan throughput efektif pada koneksi PPP dengan mengurangi jumlah bit yang harus melakukan perjalanan di seluruh tautan. Protokol mendekompresi frame di tujuannya. Dua protokol kompresi yang tersedia di router Cisco adalah Stacker dan Predictor. Klik di sini untuk mempelajari lebih lanjut tentang Stacker dan Predictor.

Deteksi kesalahan - Mengidentifikasi kondisi gangguan. Opsi Kualitas dan Nomor Ajaib membantu memastikan tautan data bebas lingkaran yang andal. Bidang Nomor Ajaib membantu mendeteksi tautan yang berada dalam kondisi terbalik. Sampai Opsi Konfigurasi Magic-Number telah berhasil dinegosiasikan, Magic-Number harus ditransmisikan sebagai nol. Nomor ajaib dihasilkan secara acak di setiap ujung sambungan.

PPP Callback - PPP callback digunakan untuk meningkatkan keamanan. Dengan opsi LCP ini, router Cisco dapat bertindak sebagai klien panggilan balik atau server panggilan balik. Klien membuat panggilan awal, meminta agar server memanggilnya kembali, dan mengakhiri panggilan awalnya. Router panggilan balik menjawab panggilan awal dan membuat panggilan kembali ke klien berdasarkan pada pernyataan konfigurasinya.

Multilink - Alternatif ini menyediakan load balancing melalui antarmuka router yang digunakan PPP. Multilink PPP, juga disebut sebagai MP, MPPP, MLP, atau Multilink, menyediakan metode untuk menyebarkan lalu lintas di beberapa link WAN fisik sambil menyediakan fragmentasi paket dan reassembly, sekuensing yang tepat, interoperabilitas multivendor, dan load balancing pada lalu lintas masuk dan keluar.

Protokol Otentikasi PPP

PPP mendefinisikan LCP yang memungkinkan negosiasi protokol otentikasi untuk mengautentikasi rekannya sebelum mengizinkan protokol lapisan jaringan untuk mengirim melalui tautan. RFC 1334, PPP Authentication Protocols, mendefinisikan dua protokol untuk otentikasi, PAP dan CHAP, seperti yang ditunjukkan pada gambar.

PAP adalah proses dua arah yang sangat mendasar. Tidak ada enkripsi. Nama pengguna dan kata sandi dikirim dalam bentuk plaintext. Jika diterima, koneksi diperbolehkan. CHAP lebih aman daripada PAP. Ini melibatkan pertukaran tiga arah dari rahasia bersama.

Fase otentikasi dari sesi PPP adalah opsional. Jika digunakan, rekan dikonfirmasi setelah LCP menetapkan tautan dan memilih protokol otentikasi. Otentikasi terjadi sebelum fase konfigurasi protokol lapisan jaringan dimulai.


KESIMPULAN

Transmisi serial secara berurutan mengirim satu bit pada satu waktu melalui satu saluran. Port serial bersifat bidirectional. Komunikasi serial sinkron membutuhkan sinyal clocking.

Tautan Point-to-Point biasanya lebih mahal daripada layanan bersama; namun, manfaatnya mungkin lebih besar daripada biayanya. Ketersediaan yang konstan penting untuk beberapa protokol, seperti VoIP.

SONET adalah standar jaringan optik yang menggunakan STDM untuk penggunaan bandwidth yang efisien. Di Amerika Serikat, tingkat transmisi OC adalah spesifikasi standar untuk SONET.

Hierarki bandwidth yang digunakan oleh operator berbeda di Amerika Utara (T-carrier) dan Eropa (E-carrier). Di Amerika Utara, kecepatan garis dasar adalah 64 kbps, atau DS0. Beberapa DS0 disatukan untuk menghasilkan kecepatan baris yang lebih tinggi.

Titik demarkasi adalah titik di jaringan di mana tanggung jawab penyedia layanan berakhir dan tanggung jawab pelanggan dimulai. CPE, biasanya router, adalah perangkat DTE. DCE biasanya merupakan modem atau CSU / DSU.

Cisco HDLC adalah bit-oriented synchronous data link protocol extension dari HDLC dan digunakan oleh banyak vendor untuk menyediakan dukungan multiprotocol. Ini adalah metode enkapsulasi default yang digunakan pada saluran serial sinkron Cisco.

Sinkron PPP digunakan untuk menghubungkan ke perangkat non-Cisco, untuk memantau kualitas tautan, menyediakan otentikasi, atau tautan bundel untuk digunakan bersama. PPP menggunakan HDLC untuk mengenkapsulasi datagram. LCP adalah protokol PPP yang digunakan untuk membuat, mengkonfigurasi, menguji, dan mengakhiri koneksi tautan data. LCP opsional dapat mengotentikasi rekan menggunakan PAP atau CHAP. Sebuah keluarga NCP digunakan oleh protokol PPP untuk secara bersamaan mendukung beberapa protokol lapisan jaringan. Multilink PPP menyebarkan lalu lintas di seluruh tautan yang dipaketkan dengan memfragmentasi paket dan secara bersamaan mengirimkan fragmen ini melalui beberapa tautan ke alamat jauh yang sama, di mana mereka dipasang kembali.

PPP opsional mendukung otentikasi menggunakan PAP, CHAP, atau kedua protokol PAP dan CHAP. PAP mengirim data otentikasi ke dalam plaintext. CHAP menggunakan handshake 3 arah, pesan tantangan periodik, dan hash satu arah yang membantu melindungi terhadap serangan pemutaran



EmoticonEmoticon