Wednesday, December 26, 2018

Konfigurasi HTB Pada Router Mikrotik

www.metime.web.id

Tingginya minat atas layanan jasa internet di masa sekarang dan diperkirakan akan semakin meningkat di masa yang akan datang akan menuntut ketersediaan bandwidth yang memadai. Dari sisi ini, penyedia jasa layanan internet harus dapat mengoptimalkan bandwidth yang ada dan mengaturnya agar tidak terjadi pemborosan bandwidth. Dari sisi kualitas layanan, para penyedia jasa layanan harus dapat mengendalikan trafik yang padat akibat banyaknya user aktif agar kualitas koneksi dan komunikasi data tetap lancar. Hal ini dapat terwujud apabila terdapat suatu metode kebijakan pengaturan bandwidth dan trafik yang tepat, sehingga Quality of Service ( QoS ) ke user dapat terjamin. 

Mikrotik sebagai salah satu vendor pengembang perangkat jaringan bias dimanfaatkan sebagai sarana dalam pengaturan bandwidth dan trafik pada jaringan. Salah satu metode yang dapat dikembangkan pada Mikrotik dalam hal kebijakan pengaturan bandwidth adalah Hierarchical Token Bucket ( HTB ) dan Per Connection Queue ( PCQ ). 

Konsep HTB adalah memberikan prioritas-prioritas bagi setiap titik-titik terminal trafik. Prioritas ditentukan berdasarkan posisi pada hierarki jaringan yang telah diberi bobot prioritas. Selain itu, prioritas juga dapat ditentukan berdasarkan Class of Service yang sudah ditentukan. Setelah masing-masing terminal trafik mendaptkan prioritas masingmasing, maka pendefenisian bandwidth dan transfer rate diatur menggunakan metode



Download 

Download Button

QOS dengan algoritma HTB memudahkan administrator jaringan dalam membagi bandwidth menurut prioritas dan kebutuhan sehingga tidak terjadi saling berebut bandwidth antar client.


EmoticonEmoticon