Monday, December 24, 2018

Menganalisis Data Paket pada Protokol HTTP dan HTTPS Menggunakan Wireshark


www.metime.web.id

Banyak protokol komunikasi komputer telah dikembangkan untuk membentuk jaringan komputer. Beberapa protokol yang umum antara lain Transmission Control Protocol (TCP), HyperText Transfer Protocol (HTTP), User Diagram Protocol (UDP), Internet Control Massage Protocol (ICMP) dan sebagainya. Dengan banyaknya protokol komunikasi yang ada, semakin banyak pula jenis data yang saling dikirim serta semakin rentan keamanan data tersebut. Maka dari itu, protokol analisis akan sangat dibutuhkan. Protokol analisis dibutuhkan untuk mengawasi dan menganalisis informasi dari paket data apa saja yang sedang dikirim ataupun diterima pada lalu lintas jaringan yang digunakan. Penelitian ini akan membahas data atau informasi apa saja yang terdapat pada Transmission Control Protocol (TCP), HyperText Transfer Protocol (HTTP) dan HyperText Transfer Protocol Secure (HTTPS).

Transmission Control Protocol (TCP) adalah protokol standard komunikasi dalam jaringan internet komputer di seluruh dunia. TCP memiliki tanggung jawab untuk melangsungkan pengiriman data dari client ke server. Untuk mentransfer dokumen dalam World Wide Web (WWW) digunakan HyperText Transfer Protocol (HTTP). Protokol ini adalah protokol ringan, tidak berstatus dan generic yang dapat dipergunakan dalam berbagai macam tipe dokumen. Protokol ini kurang dalam hal keamanan data yang dikirim. Data yang dikirimkan tidak dienkripsi, sehingga data yang dikirim rawan, dapat dibaca atau dirusak oleh pihak lain. Jika data itu tidak penting tidak menjadi masalah, tetapi apabila data itu sangat pribadi dan penting seperti pada saat melakukan transaksi online , Bank ingin mengirimkan informasi keuangan rahasia nasabahnya tentunya segi keamanannya sangat rentan dan harus diperhitungkan.

Untuk mengawasi dan menganalisis paket data yang terkirim ataupun diterima, akan membutuhkan suatu software untuk melakukannya. Software yang  digunakan pada penelitian ini adalah wireshark. Wireshark, yang sebelumnya dikenal dengan nama Ethereal, adalah software Network Packet Analyzer yang berguna untuk menangkap paket jaringan dan berusaha untuk menampilkan semua informasi pada paket tersebut secara rinci.

Penelitian yang dilakukan akan membahas tentang rincian informasi yang didapat dari paket data yang ditangkap oleh wireshark. Dengan mengetahui informasi ini maka dengan melakukan monitoring dan pengumpulan data akan lebih mudah mengetahui informasi tentang proses apa saja yang terdapat pada paket data tersebut.





Download

Download Button

Pembahasan kali ini sangat cocok nih untuk kalian yang ingin belajar teknik hacking menggunakan tool wireshark dan tcpdump. 


EmoticonEmoticon