Wednesday, November 7, 2018

Membuat Route Secara Otomatis di Laravel 5.2

Membuat Route Secara Otomatis di Laravel 5.2


Pada postingan kali ini saya akan membahas tentang bagaimana cara membuat route secara otomatis di laravel 5.2. Baik, sebelum kita akan membuat route secara otomatis di laravel, kita harus mengerti terlebih dahulu apa itu route, apa fungsinya dan bagaimana cara kerjanya. Setelah itu baru lah kita akan membuat route secara otomatis pada laravelnya.
Apa itu route pada laravel ?

Route pada laravel merupakan alamat yang akan diakses pada URL browser sehingga kita dapat mengakses web yang kita tuju. Route ini dapat dikatakan sebagai acuan kita dalam menuju suatu alamat pada web. Misalkan route kita adalah /admin/index, artinya kita akan menampilkan view pada route tersbut sehingga kita bisa melihat isinya.
Misalkan pada route.php di laravel terdapat sebuah route seperti berikut:

Route:get('/admin/index','AdminController@index');

Artinya ketika kita ingin menjalankan function index pada controller yang namanya AdminController, kita harus menuliskan pada URL kita seperti ini http://localhost:8000/admin/index. Setelah itu baru lah kita akan melihat function index yang ada pada controller kita.

Intinya, ketika kita ingin mengakses sebuah alamat kita harus memasukkan URL route nya sehingga dia dapat diakses dengan benar.

Pada dasarnya banyak sekali method yang ada pada route ini, sehingga kita dapat mengetahui fungsi masing- masing dari setiap method. Adapun macam-macam route yang biasanya atau umum digunakan sebagai berikut 

Route::get($url, $callback);
Route::post($url, $callback);
Route::put($url, $callback);
Route::patch($url, $callback);
Route::delete($url, $callback);
Route::option($url, $callback);


Nah, dari method diatas memilik kegunaan nya masing-masing, sehingga untuk penggunannya juga harus diperhatikan.

Lalu bagaimana dengan membuat route secara otomatis di laravel?

Perlu kita ketahui untuk kegunaan membuat route secara otomatis di laravel, adalah membuat route itu sendiri menjadi lebih rapi dari yang sebelumnya dan juga pada controller nya akan langsung dibuat functionnya secara otomatis. Bagaimana membuat route secara otomatis ?
Langkah yang pertama dilakukan adalah ketikkan perintah php artisan make:controller namacontrollernya --resource. Perintah diatas akan membuat route secara otomatis pada route.php sehingga akan tampil pada route nya seperti ini.


Users adalah URLnya
Untuk lebih detail routenya, bisa kita lihat dengan mengetikkan perintah pada CMD yaitu php artisan route:list. Kita dapat melihat route list yang sudah kita buat maupun route list yang kita buat secara otomatis. Lihat hasilnya akan menjadi seperti ini.


Route akan terbuat secara otomatis, dan function sudah disediakan pada controller nya. Itulah tadi cara bagaimana membuat route secara otomatis di laravel 5.2. Sangat mudah dan simple penggunannya. Setelah itu kita bisa lebih mengedit ataupun mengubah function pada controller secara manual apa yang mau kita sajikan dan melakukan CRUD nya.


#SyntaxError


EmoticonEmoticon