Blog Archive

Powered by Blogger.

Entri yang Diunggulkan

BGP Interview Questions and Answers [CCNP]

Kategori

Caption

"If you choose to be paid based on your time, you will most likely kill your chances of becoming prosperous." - T Harv Eker

Cara Menggunakan Captcha Pada Form Login


Cara Menggunakan Captcha Pada Form Login

CAPTCHA atau disebut cap-ch-uh yang merupakan singkatan dari Completely Automated Public Turing test to tell Computer and Humans Apart. Merupakan sejenis kaedah challenge-respon untuk memastikan bahwa respon yang dihasilkan hanya boleh dibuat oleh manusia dan bukannya komputer. Dengan kata lain, CAPTCHA adalah pengesahan kata ujian yang dimasukkan dari suatu bentuk sign up seperti sign ini akun gmail.

Fungsi CAPTCHA
  1. Mencegah commernt spam pada umumnya pemilik web/blog/lainnya. Tidak hanya ingin komen webnya terlihat bagus dalam penampilan, kuantitas tapi tentu kualitas, tapi tidak tau kalau adminnya sendiri yang spam.
  2. Mencegah spam bot. Karena Spam bot tidak bisa membaca CAPTCHA, karena string string pemogramannya sudah tetap. Tak mungkin captcha yang setiap saat berubah dapat dibaca oleh bot kecuali bot itu berasal dari engine bot itu sendiri.
  3. Mencegah flood. Flood bisa diartikan mengirimkan data secara berulang ulang.
Membuat Captcha

Langkah pertama yang perlu kita lakukan untuk menggunakan capthca nya pada form logn ialah kita siapkan terlebih dahulu web servernya. Pada kasus ini saya menggunakan Apache dan MySQl.



Selanjutnya kita akan menyiapkan Script yang akan kita gunakan untuk captcha nya pada web browser. Ketikkan script berikut dan letakkan dengan nama file homepage.hmtl


Jika scriptnya benar maka akan tampil seperti gambar dibawah ini






Setelah itu, agar lebih menarik bisa kita tambahkan css pada form nya agar menjadi rapi dan bagus. Disini kita akan menggunakan css langsung dari internet atau bisa didownload.


Selanjutnya kita akan membuat file captcha.php nya. Pada bagian ini merupakan bagian yang paling penting untuk di buat karena dari sini captcha akan beroperasi dan dicek untuk digunakan. Captcha akan mengecek apakah inputan yang dimasukkan user adalah benar dan sesuai.


Terakhir kita akan membuat file form.js sebagai notifikasi apabila terdapat kesalahan perintah dan succes ketika berhasil. Notofikasi isi sangat membantu kita dalam memberitahu user bahwa captcha yang dimasukkan salah atau tidak sesuai sehingga user dapat mencoba lagi memasukkan captcha yang tepat.

Lakukan pengujian dengan login pada form. Cek apakah berhasil menembus captcha nya atau tidak. Uji coba dengan email asli.


Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Cara Menggunakan Captcha Pada Form Login"

 
Copyright © 2015 MeTime - All Rights Reserved
Template By Kunci Dunia
Back To Top