Blog Archive

Powered by Blogger.

Entri yang Diunggulkan

BGP Interview Questions and Answers [CCNP]

Kategori

Caption

"If you choose to be paid based on your time, you will most likely kill your chances of becoming prosperous." - T Harv Eker

Cara Mencegah Back Button Setelah Logout di Laravel

Cara Mencegah Back Button Setelah Logout di Laravel


Pada postingan kali ini kita akan membahas tentang back button pada laravel. Kenapa kita akan bahas ini ? mungkin kalian yang sedang mencari artikel ini atau menemukan artikel seperti judul diatas mengalami kejanggalan pada sistem authentikasi kalian. Sebelumnya kita akan bahas terlebih dahulu kenapa ini penting untuk kita ketahui dan kita gunakan.
Mungkin sebagian orang tidak sadar dengan keamanan sistem autentikasinya. Ya, tombol back button ini biasanya ketika kita ingin kembali pada halaman sebelumnya di posisi kita saat ini. Back button ini tentu saja sangat berguna, namun ketika kita tidak menggunakannya dengan bijak maka ini menjadi boomerang sendiri untuk kita.

Misalkan kita mempunyai sebuah website yang sedang kita bangun, kemudian kita mencoba login pada web dan setelah berhasil masuk, kita akan melihat tampilan yang harusnya tidak boleh dilihat oleh orang lain. Maksudnya hanya orang tertentu saja yang boleh melihat isi nya. Nah ketika kita mencoba untuk logout dan berhasil, coba kalian tekan back button pada browser kalian, apa yang terjadi ? 

Halaman akan tampil kembali pada saat kita belum logout tadi. Tentu saja ini sangat berbahaya untuk keamanan web kita. Untuk itu kita perlu mencegah back button ini agar ketika logout halaman tidak kembali pada saat kita login tadi.

Untuk cara mencegah back button ini jalan sebenarnya sangat mudah. Kita perlu melakukan yang namanya pencegahan cache atau menghapus history. Pertama yang kita perlukan adalah sebuah middleware.

Buat middleware baru pada project laravel kalian dengan nama custom. Untuk contoh ini saya buat namaya seperti ini.


Setelah itu kita akan mengedit middleware yang sudah kita buat tadi. Buka middleware yang baru tadi lalu ketikkan perintah sebagai berikut seperti yang terlihat pada gambar.


Ini adalah syntax yang gunanya untuk mereset cache yang kita gunakan, sehingga ketika kita logout kita seperti tidak punya history apa-apa pada web kita. Namun operasi yang dilakukan tetap ada pada web kita itu. Ketikkan persis seperti yang diatas syntaxnya. 

Setelah diedit, seperti biasanya ketika kita membuat sebuah middleware baru, kita akan mendaftarkannya pada kernel.php


Kita akan memberinya nama sesuai dengan nama middlewarenya tadi. Sebenarnya penamaannya ini bisa custom, karena namanya ini lah yang nanti kita gunakan pada saat route group di kumpulan routes nya nanti.

Setelah didaftarkan, kita akan membuat route group dengan middleware yang sudah kita buat tadi. Pada route.php atau web.php kita masukkan route group middleware yang tadi menjadi seperti ini. Untuk route nya bisa kita atur, ketika kita akan keluar atau logout pada saat di route apa saja atau halaman apa sajayang tidak boleh kita ada back buttonnya.


Selesai ? Silahkan lakukan login kemudian logout dan gunakan back button apakah halaman masih kembali atau tidak. Jika masih maka ....

#SyntaxError
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Cara Mencegah Back Button Setelah Logout di Laravel "

 
Copyright © 2015 MeTime - All Rights Reserved
Template By Kunci Dunia
Back To Top