Sunday, November 25, 2018

Cara Membuat Chart/Grafik di Laravel Tanpa Package

Cara Membuat Chart/Grafik di Laravel Tanpa Package


Pada postingan saya akan membagikan cara membuat Chart/grafik di laravel tanpa Package. Biasanya untuk membuat sebuah chart atau grafik di laravel menggunakan package ConsoleTvs yang paling populer. Biasanya untuk membuat sebuah chart/grafik di laravel kita harus mengikuti tutorial sesuai dengan aturan yang telah disediakan oleh package tersebut. Untuk cara membuat chart/grafik di laravel tanpa package ini sebenarnya sangat mudah, kita tinggal perlu meng-copy source code chart nya kemudian tinggal dibungkus dengan paket yang akan dibuat chart pada controller laravel.

Cara membuat chart/grafik di laravel ini sangat mudah karena kita tidak perlu menginstall sebuah package yang akan memakan waktu lama. Sebenarnya fungsi package pada laravel itu gunanya untuk memudahkan dalam pembuatan atau pengembangan software.  

Kali inisaya akan membuat chart/grafik di laravel menggunakan dokumentasi dari google developer chart atau kalia bisa klik disini Google Developers Appspot Chart.

Nah, pada dokumentasi google tersebut banyak code chart yang telah disediakan oleh google untuk tinggal kita pakai misalnya Bar chart, Line chart, pie chart, dan donut chart. Banyak sekali jenis chart yang bisa kita pakai pada laravel di google chart ini.

Cara menggunakan chart/grafik ini pada laravel sebagai berikut.

Pada Controller



Pada syntax diatas saya mencoba untuk mengeluarkan data dari database yang kemudian di groupby dan order by berdasarkan tanggal. Kemudian data yang sudah disiapkanakan dikirimkan ke blade.php yang nanti nya akan menampilkan chart/grafik nya.
Pada View


Tampilan pada viewnya, kita terlebih dahulu copy kan code chart dari google tadi yang ingin kita buatkan sebuah chart, kemudian pada bagian datanya, isikan data dari database yang sudah kita buat tadi pada controller. Pada kasus ini, saya akan menampilkan sebuah pemasukan dari sebuah komunitas berdasarkan tanggal dengan filter bulan saja. Dengan begitu kita menjadi lebih mudah melihat laporan pemasukan dari sebuah income. Sederhana sekali dan simple.


Itulah tadi bagaimana cara membuat chart/grafik di laravel tanpa package, walaupun ada kekurangan namun bisa kita jadikan alternatif jika tidak menggunakan package.


EmoticonEmoticon