Wednesday, November 7, 2018

Apa itu Qos dan Cara Settingnya pada Router

Apa itu Qos dan bagaimana settingnya pada Router ?




Pada postingan kali ini saya akan membahas tentang Qos. Mungkin sebagian dari kalian sudag bisa dan tau apa itu Qos dan cara settingnya pada router. Mungkin saat ini kalian lupa cara setting Qos dan mencari referensi untuk mengingat kembali bagaimana cara setting Qos pada router. Sebelum itu seperti biasanya, kita akan mengenal dulu apa itu Qos setelah itu cara settingnya.

Quality of Service atau yang lebih dikenal dengan Qos merupakan mekanisme jaringan yang memungkinkan aplikasi-aplikasi atau layanan dapat beroperasi sesuai dengan yang diinginkan. Kinerja jaringan komputer dapat bervariasi akibat beberapa masalah, seperti halnya masalah bandwidth, latency dan jitter, yang dapat membuat efek yang cukup besar bagi banyak aplikasi. Qos merupakan cara yang cukup efisien untuk berbagi bandwidth internet pada jaringan komputer dengan kualitas yang dijanjikan layanan internet.

Qos ==> Bandwidth Limiter

Tanpa Qos, komputer atau client yang terhubung akan bersaing mendapatkan bandwidth internet. Fungsi Qos ini akan berguna untuk mengatur penggunaan bandwidth oleh client. Misalkan saja dalam sebuah jaringan memilik 20 mb bandwidth, salah satu seoarang client memutar video youtube dan melakukan autoplay pada video selanjutnya, tetapi dia tinggal pergi. Hal ini menjadi sis-sia artinya clieny yang lain yang ingin memakai internet menjadi terhambat dikarenakan 1 client tersebut. Oleh karena itulah kita memerlukan namanya Qos. Qos ini biasanya dipakai untuk jaringan yang sudah luas atau WAN. Sehingga penggunaannya menjadi efektif.


Pada RouterOS, ada 2 jenis batasan rate limit:
  1. CIR (Commited Information Rate) - dalam keadaan terburukm client akan mendapatkan bandwidth sesuai dengan "limit-at".
  2. MIR (Maximal Information Rate) - jika masih ada bandwidth tersisa setelah semua client mencapai "limit-at", maka client bisa mendapatkan bandwidth tambahan hingga "max-limit".
Simple Queue

RouterOs bandwidth limit dapat dilakukan dengan berbagi cara ( Wireless access list, ppp secret dan hotspot user. Simple queue mengatur pembatasan bandwidth dengan hanya mendefinisikan parameter IP address (target) dari host.koneksi yang dilimit. Paling sederhana adalah melakukan pembatasan bandwidth mah-limit(MIR).

Cara setting Queue yang sederhana adalah sebagai berikut


Kita tentukan target kemudian atur max limit untuk upload dan downloadnya. Target bisa berupa host, range-host atau network.



Simple Queue sudah berhasil dibuat untuk host tertentu.

Qos Features "Burst"

Burst adalah salah satu cara untuk meningkatkan performance koneksi HTTP. Burst mengizinkan naiknya data rate dalam periode waktu yang singkat (burst time). Jika Average data rate lebih kecil dari burst-threshold, burst dapat digunakan (actual data rate dapat mencapai burst-limit).




Posisi Queue

Queue pada RouterOS dilakukan para parent interface:
  • Interface fisik (ether1, ether2, wlan1 ...)
  • Interface virtual: - Global in - Global Out - Global Total
Simple queue tidak bisa melakukan queue pada parent interface sehingga secara otomatis menggunakan virtual interface.

Itulah tadi tentang Qos dan cara settingnya pada router.

BACA JUGA >>  Cara Setting NAT, DHCP dan SNMP pada Router




#PantangPulangSebelumReply


EmoticonEmoticon