Friday, November 9, 2018

Apa itu Deep Web dan Cara Mengakses Dark Web

Apa itu Deep Web dan Cara Mengakses Deep Web


Pada postingan kali ini kita akan membahas apa itu Deep Web dan bagaimana cara mengakses deep web. Terlebih dahulu kita akan mengenal apa itu deep web sehingga kita tidak terjebak dalam sesuatu yang tidak kita ketahui. Taukah kalian ungkapan dunia maya ? Dunia maya bisa dikatakan sebagai permukaan dari deep web itu sendiri. Jika digambarkan pada sebuah lautan, maka tampak dunia maya seperti yang ada pada gambar sehingga semua orang bisa mengaksesnya.
Namun, kita akan membahas apa itu deep web ? Apa pengertian deep web dan bagaimana cara mengaksesnya. Supaya kita tidak salah mengartikan tentang deep web lagi, kita akan membahasnya.

Apa itu Deep Web ?

Deep Web adalah konten-konten yang tidak terindex pada mesin pencarian seperti google,bing dan yahoo. Deep web itu ibaratkan laut pada bagian dalam sedangkan mesin pencari seperti google, bing dan yahoo merupakan kapal pesiar yang hanya berlayar pada permukaan saja. Namun, deep web ini masih dapat ditelusuri dengan tool khusus namanya browser Tor.

Ibarat mesin pencari pada umumnya seperti google, bing dan yahoo yang menggunakan browser mozilla dan chrome untuk aksesnya. Browser tersebut bisa kita ibaratkan sebagai kapal pesiar yang hanya bisa berlayar dipermukaan laut saja. Untuk dapat masuk kedalam laut apa yang diperlukan ? Ya, sebuah kapal selam. Kapal selam ini kita ibaratkan adalah Tor. 

Menurut hasil riset jumlah konten situs yang digolongkan sebagai deep web sangatlah banyak. Hampir 96% dari keseluruhan internet. Artinya situs yang biasa kita akses seperti blogger, youtube, facebook dll hanya lah 4% saja.

Konten yang ada pada deep web adalah konten yang rahasia dan tidak boleh sembarang oleh bisa melihatnya maupun mengaksesnya. Misalkan konten yang ada di deep web adalah database dari hasil penelitian, berkas-berkas pemerintahan, sistem-sistem keamanan dan lainnya. Tentu hal ini tidak boleh diketahui oleh sembarang orang.
Namun, masih banyak orang awam yang tidak tau deep web dan menganggap deep web merupakan tempat yang tidak pantas atau mengerikan. Walaupun sebenarnya ada seperti itu, namun tidak semua deep web itu buruk. Kita harus bijak dalam memandang sesuatu, tidak boleh melihatnya hanya dari segi negatif nya saja. Didalam deep web memang ada beberapa situs pornografi, jual beli narkotika, situs kekerasan dan peretasan. Hampir semuanya dari situs deep web yang kita kenal berdomain dot onion.

Bagaimana Cara Mengakases Deep Web ?

Jaringan TOR ( The Onion Router ) atau bisa disebut jaringan bawang adalah server yang membuat pengguna menjadi anonim di internet. Tor bekerja dengan cara mengarahkan lalu lintas internet anda ke lebih 3 relay sebelum sampai ke tujuan.



Pemilik site berdomain onion pastilah orang orang yang identitasnya tidak ingin diketahui. Karena jika mereka mempublikasikan maka mereka akan mudah terdeteksi dan mudah untuk dilacak. Oleh karena itu lah mereka menggunakan domain onion agar tidak bisa dilacak dan terdeteksi.

Cara mengakses deep web (Dark Web) tersebut salah satunya adalah dengan menggunakan Tor browser yang bisa di download di TorProject.

Berikut ini Tips yang akan membuat kita aman ketia memasuki dark web:
  1. Jangan mendaftarkan email. username dan password anda jika informasi tersbut sama dengna yang anda gunakan pada akun akun berharga kita. Jika memang diperlukan buat email khusus.
  2. Jangan mengaktifkan atau mendownload plugin pada tor browser. Alasannya adalah agar browser tidak terekploitasi program jahat seperti BeEF (Browser anda akan dikuasai jika suatu situs menjalankan BeEfing.
  3. Jangan mendownload pada tor browser, karena besar kemungkinan terdapat virus berbahaya atau semacamnya
  4. Jangan download melaui torrent di deep web.
  5. Jika diatas sudah di lakukan, tidak perlu menutup kamera laptop anda secara berlebihan karena setidaknya hacker memerlukan IP address kita untuk dapat mengakses sedangkan Ip kita sudah di protect oleh Tor Browser.
Ketika memasuki darkwen anda mungkin akan merasa tersesat karena tidak memiliki acuan. Ada Hiden Wiki kok. Silahkan menggunakan pencarian di hidden wiki pada tor browser.


EmoticonEmoticon