Saturday, October 20, 2018

Mengenal Routing OSPF Serta Konfigurasi OSPF IPv4 IPv6 Cisco Packet Tracer

Manajemen Informatika Politeknik Negeri Lampung - Hai. Pada pertemuan kali ini kita akan membahas tentang jaringan. Topik yang akan kita ambil kali ini adalah Mengenal Routing OSPF Serta Konfigurasi OSPF  IPv4 dan IPv6 pada Cisco Packet Tracer. Sebelum langsung terjun untuk mengkonfigurasi   OSPF secara dual stack yakni IPv4 dan IPv6. Maka terlebih dahulu kita mengenal apa itu OSPF?

Open Shortest Path First atau yang disingkat OSPF merupakan routing protokol dinamis atau dinamic routing dimana routing protokol ini  mampu mengatur,  menjaga,  dan mendistribusikan informasi routing antar network yakni dengan mengikuti setiap perubahan jaringan secara dinamis atau dinamic. Simpelnya seperti itu sih. Untuk lebih lengkapnya kalian bisa googling sendiri atau lewat wikipedia sumber informasi.

Nah setelah kita mengenal apa itu OSPF, maka selanjutnya kita akan melakukan konfigurasi OSPF IPV4dan IPV6 menggunakan aplikasi Cisco Packet Tracer. Sebelum melakukan konfigurasi saya sudah menyiapkan sebuah topologi yang nantinya bisa kita jadikan acuan untuk mengkonfigurasi  OSPF menggunakan dual stack atau dual ip yakni IPv4 IPv6 .




Konfigurasi OSPF IPv4 
Lakukan konfigurasi OSPF dengan masuk ke configure terminal lalu gunakan perintah
#router ospf 1 (angka 1 pemberian inisialisasi ospf)
#router-id 1.1.1.1 (angka 1.1.1.1 merupakan id router)
#network network_router willcard area 0 
Berikut konfigurasi yang dilakukan pada router RA. Konfigurasi OSPF IPv4 ini dilakukan dengan memperkenalkan network router itu sendiri. Lakukan konfigurasi dengan konsep yang sama disetiap perangkat router itu sendiri sesuai dengan network router itu.


Kita bisa melihat konfigurasi OSPF setiap router yang sudah kita buat dengan perintah 
#show ip protocols

Konfigurasi OSPF IPv6 
Lakukan konfigurasi OSPF IPv6 disetiap router dengan perintah-perintah dibawah ini dan sesuaikan
#configure terminal
#ipv6 unicast-routing
#ipv6 router ospf 1
#router-id 1.1.1.1
#int fa0/0
#ipv6 ospf area 0
 Berikut konfigurasi yang dilakukan pada router RA. Konfigurasi OSPF dengan IPv6 ini dilakukan dengan memperkenalkan network router itu sendiri. Lakukan konfigurasi dengan konsep yang sama disetiap perangkat router itu sendiri sesuai dengan network router itu.


Kita bisa melihat konfigurasi RIP IPv6 setiap router yang sudah kita buat dengan perintah 
#show ipv6 protocols

Setelah selesai melakukan konfigurasi routing OSPF IPv4 dan IPv6 pada Cisco Packet Tracer. Selanjutnya kita bisa melakukan tes konesksi pada setiap ujung pc yang sudah dipasang dan dikonfigurasi ip addressnya dengan benar. 


Sekian postingan kali ini yang membahas tentang Mengenal Routing OSPF Serta Konfigurasi OSPF  IPv4 IPv6 Cisco Packet Tracer . Jika kalian ingin mempunyai FILE CISCO PACKET TRACER OSPF yang sudah terkonfigurasi semua ini maka kalian bisa menghubungi email dikakoko04@gmail.com . 

Yang nantinya jika kalian ingin memilikinya maka akan saya kirimkan. Kurang lebihnya mohon maaf. Terimakasih.


EmoticonEmoticon