Saturday, October 20, 2018

Mengenal Routing EIGRP Serta Konfigurasi EIGRP IPv4 Cisco Packet Tracer

Manajemen Informatika Politeknik Negeri Lampung - Hai. Pada pertemuan kali ini kita akan membahas tentang jaringan. Topik yang akan kita ambil kali ini adalah Mengenal Routing EIGRP Serta Konfigurasi EIGRP IPv4  Cisco Packet Tracer. Sebelum langsung mengkonfigurasi dengan cara routing EIGRP ini sebaiknya kita terlebih dahulu mengenal apa itu routing EIGRP ? Berikut sedikit penjelasan tentang routing EIGRP ini.

EIGRP atau yang memiliki kepanjangan Enhanced Interior Gateway Routing Protocol merupakan suatu protokol routing dinamis yang hanya bisa dijalankan pada perangkat cisco. Protokol ini merupakan protokol routing distance vector tingkat lanjut ( Advanced distance vector ). Simpel penjelasannya sih seperti itu, kalian bisa lebih mengenal lagi routing EIGRP dengan googling.

Setelah mengenal pengertian dari EIGRP ini selanjutnya kita akan melakukan konfigurasi routing EIGRP dengan topologi yang sudah saya siapkan. Untuk latihan ini kita akan Konfigurasi EIGRP dengan menggunakan address IPv4  pada Cisco Packet Tracer.


Konfigurasi EIGRP IPv4 
Lakukan konfigurasi EIGRP pada bagian topologi diatas sesuai dengen network yang sudah diberikan pada setiap bagian. Untuk perintah konfigurasinya yakni :
router eigrp
network network_router willcard


Lakukan konfigurasi EIGRP ini pada setiap router dengan networknya masing-masing.


Sekian postingan kali ini yang membahas tentang Mengenal Routing EIGRP Serta Konfigurasi EIGRP IPv4 Cisco Packet Tracer . Jika kalian ingin mempunyai FILE CISCO PACKET TRACER EIGRP yang sudah terkonfigurasi semua ini maka kalian bisa menghubungi email dikakoko04@gmail.com . 

Yang nantinya jika kalian ingin memilikinya maka akan saya kirimkan. Kurang lebihnya mohon maaf. Terimakasih.


EmoticonEmoticon