Wednesday, October 31, 2018

Cara Mudah Membuat Pop Up Form di Laravel

Cara Membuat Pop Up Form di Laravel




Pada postingan kali ini, saya akan memberitahukan kalian tentang cara membuat pop up form pada laravel. Tetapi pertama-tama kita akan membahas dulu apa itu pop up. Dalam membuat pop up, kita harus terlebih dahulu mengetahui class apa yang akan memunculkan pop up tersebut sehingga terlihat pada gambar diatas. 

Pop up artinya kita memunculkan sebuah halaman baru tanpa menutup halaman dibelakangnya. Pop up bukan pula kita membuka halaman di tab lain, tapi kita akan memunculkan pop up form ini diatas halaman yang sedang kita lihat. Dengan adanya pop up pada web kita, ini akan memberikan kesan yang elegan tersendiri pada website kita. Pada umumnya ketika seseorang akan menuliskan sebuah inputan pada form, dia akan dibukakan link yang akan menuju form yang harus diisi. Namun, tidak pada pop up. Pop up akan membutuhkan class sehingga tampilan dapat menjadi terbuka didepan layar web.

Dengan adanya pop up, website kita akan menjadi terlihat rapi dan bagus. Adapun untuk membuat pop up pada laravel sangatlah mudah. Karena, laravel telah menyediakan class untuk pop up bawaan nya. Dengan begitu kita tinggal memanggil saja class yang ada pada laravel tersebut, sehingga pop up akan jalan.

Adapun untuk membuat pop up form adalah sebagai berikut :

Pertama kalian harus mempersiapkan syntax ini terlebih dahulu pada syntax kalian. 

PENTING >> Form yang akan di pop up harus satu file dengan index, jika mau dipisah silahkan gunakan fungsi Include.

Syntax yang pertama..


Syntax diatas, letakkan sebelum tag <form> yang akan di pop up. Pada bagian id="terserah" itu adalah penamaan saja, silahkan lakukan penamaan untuk  membedakan dengan pop up yang lain. Kemudian pada modal-tittle itu, tambahkan judul untuk pop up kalian agar dapat terlihat pada saat pop up nya nanti.

Syntax berikutnya..


Tambahkan </div> satu lagi sebelum modal-footer, saya terlewat satu div. Syntax diatas letakkan pada tutup tag </form>. Tutup disana adalah nama dari button yang akan menutup jendela pop up. Dan yang terakhir dan paling penting adalah syntax untuk memanggil pop up nya yaitu

Syntax terakhir...


Ini adalah button untuk memanggil class pop up nya. Yang terpenting adalah bagian data-target, harus disesuaikan dengan id pada syntax pertama sehingga pop up dapat memanggil class yang ada, dan pop up dapat muncul pada website anda.

Itulah tadi cara mudah membuat pop up form pada laravel.. Silahkan komentar yang sopan, untuk bertanya jika ada  masalah.

#SyntaxError


EmoticonEmoticon