Saturday, December 15, 2018

Instalasi dan Konfigurasi Web Server Apache Ubuntu Server 16.04 LTS Terbaru

Manajemen Informatika Politeknik Negeri Lampung - Web server merupakan software aplikasi yang menyediakan akses layanan menggunakan data yang nantinya digunakan untuk mengakses halaman web tersebut yakni http atau https lewat web browser pengguna. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas bagaimana Instalasi dan Konfigurasi Web Server Apache di Ubuntu Server 16.04 LTS Terbaru.

Sebenarnya banyak sekali aplikasi web server ini beberapa diantaranya seperti Apache, Nginix, Apache tomcat, Lighttpd dan lain lain. Namun yang sering digunakan masyarakat luas dibidang networking yakni Apache. Sesuai dengan judul kali ini kita akan Instalasi dan Konfigurasi Web Server yakni Apache pada Ubuntu Server 16.04 LTS Terbaru.

Berikut langkah-langkah Instalasi dan Konfigurasi Web Server Apache Ubuntu Server 16.04 LTS Terbaru :

Dalam menginstalasi webserver kita bisa menginstal apache dengan perintah apt-get install apache2



Kita bisa mengecek apache kita sudah aktif atau belum dengan perintah service apache2 status



Jika ingin melakukan perubahan port pada webserver yang kita gunakan kita bisa mengubahnya dengan cara memasukan atau menjalankan perintah  nano /etc/apache2/ports.conf



Untuk melakukan pengeditan atau perubahan index.html bisa dengan mengetikan perintah nano /var/www/html/index.html



Jika perubahan sudah selesai maka jangan lupa untuk merestart apache dengan cara service apache2 restart



Selanjutnya kita bisa melakukan pengecek menggunakan browser dengan memasukan alamat IP kita ke browser tersebut dan hasilnya sebagai berikut.


Yaps Sekarang Apache sudah terinstal dan sudah siap digunakan untuk membangun sebuah webserver. Sekian postingan tentang bagaimana cara Instalasi dan Konfigurasi Web Server Apache pada Ubuntu Server 16.04 LTS Terbaru. Semoga Bermanfaat dan Terimakasih.


EmoticonEmoticon