Thursday, December 1, 2016

Penggunaan Fungsi Hlookup dan Vlookup Dalam Microsoft Excel

Manajemen Informatika Politeknik Negeri Lampung - Dalam mengerjakan pengolahan angka di Microsoft Excel tentu banyak sekali rumus atau fungsi-fungsi yang banyak digunakan untuk mempermudah penghitungan tanpa menghitung manual. Pada postingan yang lalu kita belajar sedikit tentang Mengenal Penggunaan Fungsi Logika IF Dalam Microsoft Excel sekarang kita akan belajar tentang Penggunaan Fungsi Hlookup dan Vlookup Dalam Microsoft Excel.

Fungsi VLOOKUP digunakan untuk menampilkan data dari sebuah tabel yang disusun dalam format vertikal. 

Rumus :
=VLOOKUP(lookup_value, tabel_array, col_index_num) 
=VLOOKUP(Nilai Kunci, letak table, nomor kolom). 

Contoh Penggunaan :

 Disini saya membuat contoh untuk menentukan harga kita harus mengambil data dari TABEL 1 setelah itu dikali dengan menginap perhari. Kita gunakan rumus =VLOOKUP(lookup_value, tabel_array, col_index_num)  untuk menemukan harga disini saya menggunakan tanda $ dolar pada penentuan tabelnya dengan menekan  F4. Berikut rumus untuk menentukan harga pada dokumen yang saya buat =VLOOKUP(C4;$E$20:$H$22;3)*F4


Fungsi HLOOKUP digunakan untuk menampilkan data dari sebuah tabel yang disusun dalam format horizontal. 

Rumus : 
=HLOOKUP(lookup_value, tabel_array, row_index_num) 
=HLOOKUP(nilai kunci, letak table, nomor baris)

Contoh Penggunaan :

Dalam contoh ini saya membuat sebuah kolom untuk menentukan paket hiburan mengunakan fungsi HLOOKUP untuk mengambil data ditabel PAKET HIBURAN MALAM.



Contoh - Contoh diatas masih bisa dikembangkan lagi untuk mencari data-data lainnya dalam dokumen yang berbeda. Sekian postingan kali ini semoga bermanfaat. Terimakasih.


EmoticonEmoticon