Wednesday, December 21, 2016

Membuat Poster Menggunakan CorelDRAW

Manajemen Informatika Politeknik Negeri Lampung - Poster merupakan gambar iklan atau pengumuman yang berbentuk gambar yang didesain sesuai tema yang diinginkan seperti lomba, seminar, pegumuman ataupun lainnya. Poster biasanya banyak kita temui pada dinding-dinding tembok ditempat umum yang banyak dilihat orang ataupun tempat-tempat yang sering dikunjungi orang. Poster berisikan himbauan, ajakan ataupun bisa juga larangan.

Dalam mendesain atau membuat poster biasanya kita gunakan sebuah aplikasi seperti CorelDRAW, Adobe Ilustrator ataupun bisa juga Photoshop. Namun yang sangat sering dipakai dikalangan masyarakat luas yakni menggunakan CorelDRAW. Disini saya akan membagikan contoh hasil poster yang saya buat menggunakan CorelDRAW X5.


Untuk membuat poster diatas disini saya menggunakan background dengan tema sore hari sedangkan untuk tema perlombaan disini saya membuat lomba desain karakter kartun.Dalam membuat backgroudnya disini saya menggunakan transparansi untuk objek objek yang saya inginkan. 



 Dalam pembuatan karakter yang saya buat diatas saya menggunakan pen tool untuk menggambar karakter yang berada disamping tulisan lomba desain.  



Dalam membuat tulisan yang kotak kotak terebut saya menggunakan simplify untuk membuat kesan kotak menjadi berlubang karena huruf. Untuk tulisan lomba saya menggunakan inserted untuk memasukan warna yang berbeda dalam satu text terebut.




Jika semua sudah selesai anda bisa menggabungkan dengan menekan keyboard CTRL + G. Setelah itu anda bisa mencetak poster tersebut, ataupun kita juga bisa mengekspornya ke formar JPG atau PNG pada umumnya. Sekian postingan saya kali ini semoga bermanfaat. Terimakasih.


EmoticonEmoticon