Thursday, December 15, 2016

Membuat Desain Kop Surat Melalui CorelDRAW

Manajemen Informatika Politeknik Negeri Lampung - Kop Surat atau Kepala Surat merupakan hal yang sangat penting  dari surat resmi, dan ditempatkan di bagian atas surat atau kepala. Tampilan kepala surat umumnya dikenal untuk membedakan antara surat formal dan non-formal. Dalam mendesain kop surat yang kita perlukan adalah sebuah aplikasi baik yang berbasis grafis seperti CorelDRAW ataupun seperti Microsoft Word juga bisa untuk membuat atau menyusun kop surat.

Pembuatan desain kop surat tidak perlu yang rumit, akan tetapi yang ditekankan adalah isi yang ada didalamnya seperti nama suatu instansi atau perusahaan, alamat instansi/perusahaan itu sendiri maupun kontak atau website dari instansi tersebut. Berikut  Desain Kop Surat yang saya buat.


Kop surat diatas merupakan contoh pembuatan kop surat yang saya buat sendiri, Kop surat yang saya buat ini pertama dimulai dari nama instansi dan logo, berikutnya adalah alamat dari instansi atau perusahaan tersebut dan bagian terakhir seperti kontak dari perusahaan atau instansi.

Untuk lebih lanjutnya mengetahui bagaimana cara membuat sebuah kop surat, simak cara atau tutorial  dibawah ini yang saya buat, hal yang harus anda siapkan adalah aplikasi CorelDRAW yang sudah terinstal dan juga sebuah logo Instansi ataupun logo yang kita buat sendiri.

Tahap yang pertama kita buka aplikasi CorelDRAW dan masukan logo kita kedalam lembar kerja kita. Setelah itu kita buat persegi panjang yang berfungsi untuk pengukuran atau penempatan dari kop surat kita nantinya.


Langkah selanjutnya kita buat tulisan menggunakan Text Tool yang bertuliskan nama Instansi , Alamat serta Kontak dari lembaga instansi tersebut.


Setelah memasukan nama instansi,alamat dan kontak langkah selanjutnya yakni anda bisa menambahkan sedikit desain untuk menambahkan kesan desain yang sederhana dan tidak rumit.


Setelah jadi desain kop surat yang kita buat anda bisa mengekspornya ke JPG/PNG akan tetapi kotak yang kita buat tadi sebaiknya outlinenya dihitangkan saja agar ketika nantinya digunakan dalam kop sebuah surat tidak ada kotak persegi panjang yang ada outlinenya.


Jika pengeksporan selesai maka anda sekarang bisa menggunakan gambar yang tadi kita buat  dan kita ekspor sebagai kop surat pada setiap surat yang akan kita buat nantinya. Sekian postingan saya Membuat Desain Kop Surat Melalui CorelDRAW , semoga bermanfaat dan terimakasih.


EmoticonEmoticon