Saturday, December 3, 2016

Membuat Desain Kartu Nama Menggunakan CorelDRAW

Manajemen Informatika Politeknik Negeri Lampung - Seiring dengan kebutuhan manusia sekarang kartu nama merupakan kartu identitas yang sangat penting bagi manusia dalam bidang bisnis atau bidang lainnya. Kartu nama digunakan untuk memberikan sebuah identitas dimana identitas itu mencangkup nama, jabatan serta nomor hp.  Dalam mendesain sebuah kartu nama yang akan digunakan pemesan atau kita sendiri, layaknya pendesainan tersebut tidak harus rumit namun cukup dengan yang simpel, akan tapi pesan yang disampaikan dapat diterima seperti Nama Nomor HP Alamat dan lain lain. Di perlukannya sebuah aplikasi seperti Corel Draw untuk mendesain sebuah kartu nama. Berikut adalah desain kartu nama yang saya buat.



Meskipun banyak sekali aplikasi yang bisa digunakan untuk mendesain kartu nama seperti Photoshop, Adobe Ilustrator bahkan Microsoft Word pun juga bisa digunakan untuk mendesain sebuah kartu nama. Namun dalam lingkup luas masyarakat di dunia desain lebih suka menggunakan CorelDRAW untuk mendesain berbagai macam desainan seperti KartuNama, Banner, Spanduk, Baju dan lain lain. Untuk mendesain kartu nama ini kita gunakan ukuran pada umumnya yakni 9 x 5,5cm. Langsung saja berikut ini langkah-langkahnya :

Buka CorelDRAW, buat lembar kerja baru dengan ukuran 9cm x 5cm dan kertas Landscape.


Buatlah Kotak menggunakan Rectangle Tool dan beri warna sesuai keinginan anda.


Untuk tahapan selanjutnya kita buat desain sesuai apa yang kita inginkan disini saya membuat kartu nama dengan desain yang simpel dan tidak terlalu memainkan gradiasi warna , hanya saya lebih memainkan objek dengan warna yang berbeda. 

Buat sebuah objek lagi menggunakan Rectangle Tool jika dibutuhkan pemotongan atau perubahan objek kita bisa gunakan Biezer Tool.


Buat beberapa Icon HP, Lokasi serta Icon Situs Web anda untuk mencantumkan nomor hp/kontak yang bisa dihubungi, alamat rumah atau kantor serta situs web perusahaan atau milik anda sendiri.


Dalam membuat icon HP dan Lokasi anda cukup memainkan rectangle tool dan biezer untuk membuat iconnya. Sedangkan untuk membuat icon situs layaknya dunia atau globe kita gunakan Elipse Tool untuk membuatnya. Berikut cara membuat icon situsnya.


 Buat 2 buah lingkaran Biru dan Putih menggunakan Elipse Tool, lingkaran putih digunakan untuk memotong lingkaran warna biru dengan menggambil bagian luarnya saja.


Gunakan Simplify untuk memotong bagian warna biru dan nantinya bagian tengahnya akan bolong atau berlubang karena dipotong oleh lingkaran putih


Hilangkan outlinenya terlebih dahulu Maka hasilnya akan seperti ini.


Copy lalu kerutkan kesamping mengguakan cursor dan ditarik dengan ketentuan tetap menekan tombol Shift.


Copy dan lakukan cara yang sama diatas hanya untuk objek yang ini lebih kerut lagi.


Setelah itu lakukan group bisa juga dengan menekan tombol pada group Ctrl + G


Copy objek yang kita group tadi dan buat kemiringan seolah objek ke 2 memutar dari samping objek ke 1



Maka objek akan jadi seerti dibawah ini.


Tahap selanjutnya kita melanjutkan desain kartu nama kita, kita bisa mengkobinasikan lagi template kartu nama kita tadi seperti dibawah ini


Berikan Logo dan Nama Anda serta nama anda.


Untuk tahap terakhir berikan semua informasi yang akan anda sampaikan seperti kontak hp anda alamat rumah atau kantor serta alamat situs kantor atau pribadi.


Setelah jadi tinggal kita export atau mau langsung kita cetak juga bisa. Berikut ini adalah hasil yang kita buat tadi.


Dalam membuat desain kartu nama tidak perlu desainan yang terlalu ramai yang paling penting adalah nama dan nomor hp. Semoga contoh desainan kartu nama saya diatas bisa menjadi refrensi anda untuk membuat kartu nama sesuai apa yang anda inginkan. Sekian terimakasih.


EmoticonEmoticon