Thursday, December 22, 2016

Membuat Amplop Menggunakan CorelDRAW

Manajemen Informatika Politeknik Negeri Lampung - Amplop merupakan sebuah bungkus ataupun wadah yang berguna sebagai tempat surat  untuk dimasukan kedalamnya kemudian dikirim kepada penerima. Biasanya sebuah perusahaan atau instansi memiliki format tersendiri ataupun desain tersendiri pada tampilan amplop tersebut. Dalam amplop itu sendiri mencakup nama instansi alamat atau kontak serta tidak lupa tempat yang nantinya untuk dituliskan penerima.

Dalam membuat sebuah desain amplop itu sendiri membutuhkan aplikasi yang memang dikhususkan untuk desain seperti CorelDRAW. Sebenarnya anda juga dapat mendesain amplop menggunakan aplikasi lain seperti Adobe Photoshop ataupun Adobe Ilustrator, akan tetapi kali ini saya akan membuat desain amplop saya sendiri menggunakan CorelDRAW X5. Berikut ini desain amplop saya yang sudah jadi.

Amplop sudah jadi, tampak depan
Amplop sudah jadi, tampak belakang
Desain Amplop Menggunakan CorelDRAW


Langsung saja kali ini kita akan membuat  amplop. Berikut langkah -langkah membuat amplop menggunakan Aplikasi CorelDRAW.

Langkah yang pertama buka CorelDRAW, boleh menggunakan berbagai versi CorelDRAW seperti CorelDRAW12, X4,X5,X7 dan untuk ukuran kertas anda bisa menggunakan A4 ataupun yang lainnya sesuai ukuran amplop yang akan anda buat. Setelah anda membuka aplikasi CorelDraw buatlah Rectangle sesuai ukuran yang anda inginkan. Ukuran bisa dilihat dipojok kiri atas.


Selanjutnya anda buat beberapa objek seperti yang ada pada gambar dibawah ini. Jika anda ingin memotong objek atau membentuknya seperti yang dibawah ini kita gunakan convert to curve agar rectangle bisa dibentuk.



Setelah pola terbuat kita bisa memasukan tulisan dan logo instansi atau perusahaan kita sendiri serta berikan kotak yang berfungsi untuk menuliskan penerima  dari undangan atau surat tersebut.


Jika instansi dan kotak penerima sudah kita buat langkah selanjutnya kita bisa memberikan warna pada desain kita, agar amplop terkesan lebih bagus dan tidak monoton.


Langkah selanjutnya jika pewarnaan sudah selesai, anda bisa mencetak lalu merangkai amplop sesuai pola yang kita buat tadi. 


Langkah - langkah atau cara diatas merupakan cara membuat amplop yang saya buat secara sederhana dengan desain yang simpel menggunakan aplikasi CorelDRAW. Sebernarnya anda bisa lebih membuat amplop dengan lebih bagus lagi sesuai dengan kreatifitas kalian, dan ingat tidak perlu rumit-rumit atau rame objek, namun lebih baik buat dengan simpel dan sederhana akan tetapi pas dihati. Sekian postingan saya kali ini semoga bermanfaat. Terimakasih.


EmoticonEmoticon