Tuesday, December 13, 2016

Contoh Program Bahasa C++ Menghitung Luas dan Keliling Lingkaran

Manajemen Informatika Politeknik Negeri Lampung - Bahasa C++ merupakan bahasa pemrograman yang dikembangkan dari bahasa pemrograman C, bahasa pemrograman C++ dulunya dirancang untuk bahasa pemrograman di Unix tetapi untuk sekarang bisa diterapkan diberbagai sistem operasi menggunakan aplikasi opensource yang menggunakan bahasa C++ contohnya aplikasi yang saya gunakan yakni CodeBlock.

Untuk membuat program dari bahasa pemrograman C++ terlebih dahulu kita instal aplikasi yang digunakan untuk membuat program dari bahasa C++ ini. Kita dapat mendownloadnya dari situs officialnya http://www.codeblocks.org/ . Setelah meninstal program code block langsung saja kita membuat programnya, disini saya akan memberi contoh membuat program menghitung luas dan keliling lingkaran.

Contoh Program C++ Menghitung Luas Lingkaran

#include <iostream>
using namespace std;
int main (){
    int r;
    float phi=3.14,luas;

    cout<<"masukan jari jari lingkaran : ";
    cin>>r;

    luas=phi*r*r;
    cout<<"luas lingkaran adalah "<<luas;
    return 0;
}

Keterangan :
r  merupakan variabel jari-jari sebuah lingkaran
float phi=3.14 merupakan tipe data memberikan nilai tetap atau konstan

Program:
Untuk menjalankan program yang kita buat pilih Build and Run lalu otomatis akan muncul penjalanan program lewat cmd, lalu masukan berapa jari-jari lingkaran setelah itu tekan enter maka hasil menghitung luas lingkaran akan ditampilkan.




Contoh Program C++ Menghitung Keliling Lingkaran

#include <iostream>
using namespace std;
int main (){
    int r,d;
    float phi=3.14,keliling;

    cout<<"masukan jari jari lingkaran :";
    cin>>r;

    d=r+r;
    keliling=phi*d;
    cout<<"keliling lingkaran adalah "<<keliling;
    return 0;
}

Keterangan :
r  merupakan variabel jari-jari sebuah lingkaran
float phi=3.14 merupakan tipe data memberikan nilai tetap atau konstan

Program:
Untuk menjalankan program yang kita buat pilih Build and Run lalu otomatis akan muncul penjalanan program lewat cmd, lalu masukan berapa jari-jari lingkaran setelah itu tekan enter maka hasil menghitung keliling lingkaran akan ditampilkan.



Contoh diatas merupakan contoh program yang sederhana yakni menghitung luas dan keliling sebuah lingkaran menggunakan aplikasi codeblock dan bahasa program c++. Untuk menjadi seorang programer yang handal tentu untuk yang masih pemula harus terlebih dahulu membuat atau belajar yang sederhada terlebih dahulu. Sekian postingan saya kali ini. Terimakasih.


EmoticonEmoticon