Saturday, November 19, 2016

Penggunaan Warna dan Arti Warna Dalam Logo Perusahaan

Manajemen Informatika Politeknik Negeri Lampung - Dalam mendirikan sebuah perusahaan, instansi, pt , cv atau pun lainnya haruslah kita memupunyai sebuah identitas perusahaan kita. Yakni salah satunya adalah Logo. Logo merupakan sebuah identitas dari perusahaan itu sendiri, dalam sebuah logo tersebut tentunya memiliki sebuah arti dan tujuan dari perusahaan itu sendiri. 


Pembuatan sebuah logo tidak perlu yang sulit dan memiliki banyak objek. Kita tahu sendiri bahwa pembuatan logo yang baik adalah yang desain simpel serta mudah diingat. Mungkin dijaman dulu sebuah logo trennya memiliki banyak objek dan rumit, namun untuk sekarang banyak perusahaan yang membuat logo yang simpel dengan tidak memuat objek yang terlalu banyak serta warna yang terlalu bervariasi. Seperti logo perusahaan di Indonesia Pertamina serta logo perusahaan luar negeri yang simpel hanya dengan menggunakan teks seperti logo Acer, Asus, HP dan masih banyak lainnya.





Yang tidak kalah pentingnya dari sebuah logo yakni Warna. Penggunaan dan pemilihan warna pun sangatlah ditekankan dalam pembuatan logo, Kenapa? Karena dalam pemilihan warna itu sendiri memiliki arti. Layaknya Bendera Indonesia identitas bangsa yang berwarna merah berarti berani dan putih yang berarti suci. Setiap warna dalam logo memiliki arti yang berbeda, maka sebelum anda menentukan sebuah warna yang pas untuk perusahaan, anda terlebih dahulu mengetahui arti dari Warna tersebut. Berikut Arti Warna Dasar dalam Pembuatan Logo Perusahaan :


Warna Putih

Kemurnian, kebersihan, pemuda, kesegaran, kedamaian.

Warna Merah
Berani, percaya diri, semangat, gairah, perjuangan, kekuatan, agresif, aktif penuh gairah

Merah muda
Kelembutan, Cinta, kasih sayang,  feminin, menenangkan, romantis, menggairahkan

Warna Kuning
Cahaya, optimisme, harapan, kegembiraan, intlektualitas, kegembiraan, cita-cita, kecerahan, sukacita

Warna Orange

Keramahan, kehangatan, didekati, energi, main-main, keberanian.

Warna Hijau 
Alam, kehidupan, kesejukan, menenanggkan, kesehatan pertumbuhan, kebebasan, kesuburan, hidup, kealamian

Warna Biru
Spiritualitas, mendalam,  bijaksana, tenang, perasa, kontemplasi, misteri, kesabaran

Warna Hitam
Kekuatan, Elegan, abadi, klasik, universal, Misteri, independen, daya tarik

Warna Cokelat
Ketergantungan, kehandalan,  ketabahan

Warna Abu-Abu
Serius, bisa diandalkan dan stabil

Warna- Warna diatas merupakan warna-warna yang sering dipakai dalam pembuatan logo, masih banyak lagi warna-warna yang belum saya tuliskan. Penggunaan warna dalam logo sangatlah penting. Maka dari itu kita harus memikirkan dalam penentuan warna serta mengetahui arti dari warna-warna tersebut. Sekian tulisan saya kali ini. Terimakasih.


EmoticonEmoticon