Wednesday, November 16, 2016

Membuat Objek Pensil 3D Menggunakan CorelDRAW X5

Manajemen Informatika Politeknik Negeri Lampung - Pada postingan Membuat Logo Menggunakan Corel Draw X5 sebelumnya sudah banyak sekali yang dijelaskan mengenai tool-tool yang akan digunakan untuk menggambar sebuah objek serta bagaimana cara membentuk sebuah objek atau logo dengan tool tersebut. Untuk kali ini saya akan Membuat Objek Pensil 3D Menggunakan CorelDRAW X5.

Sebenarnya cara yang dilakukan semuanya sama seperti bagian-bagaian yang akan digambar dengan menggunakan biezer tool dan bagian-bagian mana saja yang akan di convert to curve untuk selanjutnya dibentuk seperti bagian yang diinginkan. Hanya saja dalam cara Membuat Objek Pensil 3D Menggunakan CorelDRAW X5 ini yang berbeda adalah Teknik Pewarnaannya.



Disini kita dituntut untuk berfikir dan memilih bagian-bagian mana saja yang akan diberi warna terang ataupun gelap. Sehingga ketika kita tepat memilih warnanya maka Objek yang kita buat akan terkesan seperti 3D (3 Dimensi). Berikut langkah-langkah Membuat Objek Pensil 3D Menggunakan CorelDRAW X5.

✔  Buatlah objek nya terlebih dahulu menggunakan Biezer Tool atau Rectangle, Convert t Curve untuk membentuk bagian-bagian objeknya


Selanjutnya Buat bagian pensil paling ujung dengan menggunakan Biezer Tool lalu curve dan bentuk sesuai dengan gambar berikut.


✔  Jangan lupa buat pangal bagian atas pensil dengan menggunakan Biezer Tool setelah itu convert to curve untuk membentuk seperti pada gambar.


✔  Jika Objek sudah selesai terbuat , maka tahap selanjutnya tahap pewarnaan . Dalam tahap ini kita harus jeli dalam memberikan sebuah warna gelap atau terang pada bagian bagian tertentu.

✔  Dalam memberikan Warna kita Klik Fill Tool setelah itu pilih Uniform Fill .

✔ Untuk Bagian badan Pensi berikan warna hijau tua agak terang dibagian pertama , warna hijau tua sedang untuk bagian kedua atau tengah dan bagian tiga atau bawah berikan warna hijau tua yang agak gelap. Kita juga bisa menghilangkan outline-outlinenya agar terkesan 3D jika sudah diberikan warna.



✔  Pada Bagian Ujung Pensil dan Pangkal berikan warna yang sesuai juga, agar terlihat seperti pensil yang umunya kita gunakan.


✔ Jika sudah selesai dalam pewarnaanya tahap selanjutnya adalah memberi merek atau pun tulisan pada pensil itu, agar layak seperti pensil yang sering kita gunakan.Untuk memberikan tulisan bisa dengan menggunakan Text Tool. Sedangkan barcode bisa dibuat menggunakan Rectangle tool ataupun pada Insert Barcode.






Jika sudah selesai kita juga bisa memberikan efek-efek lainnya agar tampak lebih 3 Dimensi. Dalam Membuat Objek Pensil 3D Menggunakan CorelDRAW X5 ini kita harus mahir memilih warna dalam menentukan bagian-bagian mana saja yang akan diberi warna terang/gelap sehingga objek yang kita buat tadi terlihat seperti 3D. Dan jangan lupa hilangkan outline pada semua bagian.
Sekian untuk tulisan kali ini terimakasih. 


EmoticonEmoticon