Membuat Flowchart dan Menjalankan Programnya Dengan RAPTOR

Manajemen Informatika Politeknik Negeri Lampung - Kita tahu bahwa Flowchart merupakan sebuah skema penggambaran dari urutan penyelesaian masalah dari sebuah algoritma. Dalam penggambaran Flowchart pun juga memiliki simbol simbol tersendiri kita bisa membaca artikel Mengenal Simbol-Simbol Flowchart  agar mengetahui simbol apa yang harus digunakan dalam pembuatan flowchart yang akan anda buat.

Dalam membuat flowchart banyak aplikasi-aplikasi komputer yang membantu dalam pembuatan flowchart ini salah satunya yang akan saya bahas adalah Membuat Flowchart dan Menjalankan Programnya Di RAPTOR. Raptor merupakan sebuah aplikasi atau program yang digunakan dalam penggambaran skema urutan penyelesaian masalah (flowchart), dan ketika flowchart dijalankan pun layaknya program akan terjalankan sesuai dengan flowchart yang kita buat tadi.

Disini saya akan membuat  contoh membuat flowchart dan menjalankannya di Raptor. Contoh yang akan saya buat adalah contoh Flowchart Menghitung Persegi Panjang. Berikut langkah-langkahnya :

Buka Aplikasi Raptor, jika belum memiliki aplikasinya bisa langsung mendownload di situs resminya http://raptor.martincarlisle.com/,



Setelah terbuka kita bisa langsung membuat Flowchartnya, bisa kita lihat pada tampilan diatas sudah saya berikan keterangan bagian-bagian yang ada di aplikasi raptor ini. Untuk langsung membuat flowchartnya bisa langsung kita tarik/drag simbol yang akan kita masukan. 

Langsung saja kita membuat Flowchart Mengihitung Luas Persegi Panjang. Yang akan kita masukan pertama adalah Input (Masukan Panjang Persegi Panjang) dengan Variabel : P



Setelah memasukan input panjang, yang kedua yaitu Input (Masukan Lebar Persegi Panjang) dengan Variabel : L



Langkah selanjutnya adalah membuat Proses menghitung persegi panjangnya dengan ketentuan Luas = P * L. Untuk membuat simbol proses kita bisa memilih symbol Assigment lalu mendragnya ke lembar halaman kerja.


Langkah terakhir yakni menambahkan output pada flowchart tersebut. Outputnya adalah "Luas Persegi Panjang adalah = "


Jika semua tahapn sudah selesai yang sekarang kita akan lakukan adalah dengan menjalankan programnya yakni dengan mengklik tombol play pada ribon menu Raptor. Setelah mengklik tombol play tersebut maka otmatis program akan terjalankan dan kita disuruh menginputkan Panjang persegi dan Lebar persegi, lalu program akan melakukan perhitungan dan program akan mengeluarkan Output " Luas Persegi panjang adalah= " Disini saya akan memasukan P = 6 dan L = 4 maka outputnya adalah "Luas Persegi Panjang adalah = 24 "




Contoh diatas merupakan contoh flowchart yang sederhana, kita bisa membuat lagi sebuah flowchart yang memiliki seleksi kondisi ataupun pengulangan dengan menggunakan Raptor. Mungkin lain kali untuk postingan selanjutnya saya akan membuat Flowchart dengan Seleksi Kondisi atau Pengulangan. Sekian untuk tulisan saya kali ini,kurang lebihnya mohon maaf. Terimakasih.

0 Response to "Membuat Flowchart dan Menjalankan Programnya Dengan RAPTOR"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel