Wednesday, November 16, 2016

Cara Membuat Template PowerPoint dengan Slide Master

Manajemen Informatika Politeknik Negeri Lampung - Microsoft PowerPoint merupakan aplikasi komputer yang diberguna untuk presentasi. Aplikasi ini dikembangkan oleh Microsoft bersama dengan aplikasi lainnya seperti Microsoft Word, Microsoft Exce, Microsoft Access dan masih banyak lagi. Dalam sebuah presentasi tidak hanya sebuah materi yang ditekankan namun tampilan atau template PowerPoint sebaiknya juga harus diperhatikan. Tidak lucu jika materi yang akan kita sampaikan adalah materi yang menarik namun dengan sebuah tampilan yang tidak rapi baik dalam pewarnaan/pencahayaan atau pun lainnya menjadi tidak menarik.


Umunya template dalam aplikasi Microsoft PowerPoint sudahlah sangat banyak, kita tinggal memilih sesuai dengan keinginan kita. Namun Bagaimana jika kita ingin membuat Template sendiri? Berikut ini cara membuat template PowerPoint menggunakan slide master.

✔ Buka Microsoft PowerPoint disini saya menggunakan versi 2010


✔ Klik Tab Menu View setelah itu pilih Slide Master


✔ Setelah memilih Slide Master, Edit slide teratas sendiri. Berikan shapes sesuai yang dinginkan, disini saya menambahkan dua shapes diatas dan dibawah.


✔ Selanjutnya saya memberikan shapes lagi yakni tiga buah bentuk yang berwarna-warni sebagai menu. Setelah shapes terbuat kita bisa tambah icon dengan mendownload di situs flaticon.com atau bisa juga membuat icon di CorelDraw.



✔ Disini saya juga menambahkan icon HOME dan EXIT.


✔ Setelah icon atau menu-menu sudah terpasang selanjutnya tahap memberikan HYPERLINK dengan cara klik kanan Icon/Menu setelah itu pilih edit hyperlink. Karena disini yang diberikan hyperlink adalah menu Home jadi pilih saja Place In The Document : First Slide . Setelah itu OK. Lakukan cara yang sama untuk memberi hyperlink pada menu-menu tersebut, hanya penempatannya saja yang berbeda-beda.


✔ Kita juga bisa memberikan logo sebuah instansi dalam sebuah template kita. Disini saya memberikan Logo Politeknik Negeri Lampung.


✔ Untuk memperindah template yang kita buat bisa dengan menambahkan Animations pada menu-menu kita ataupun teks yang ada dalam slide kita. Selanjutnya atur juga transition nya untuk membuat efek perpindahan transisi slidenya.



✔ Jika sudah selesai membuat template kita bisa keluar dan menyimpan tempalate kita dengan cara Klik Tab Menu Slide Master lalu Pilih Close Master View. Setelah itu template akan tersimpan otomatis, dan jika kita akan menambah slide baru dalam presentasi bisa dengan klik New Slide lalu pilih bentuk template yang sudah kita buat dan yang akan digunakan.



✔ Done

Dalam pembuatan template PowerPoint yang akan kita gunakan untuk presentasi kita bisa buat se-kreatif mungkin dengan tidak meninggalkan unsur materi yang akan kita sampaikan nanti. Buatlah tampilan yang elegan simpel dan tidak terlalu ramai karena bisa mengalihkan konsentrasi. 
Sekian untuk tulisan Cara Membuat Template PowerPoint dengan Slide Master, saya ucapkan terimakasih dan sampai jumpa.


EmoticonEmoticon