Sunday, October 23, 2016

Membuat Logo Menggunakan Corel Draw X5

Komputer Grafis - Manajemen Informatika Politeknik Negeri Lampung - Dalam mendesain atau menggambar logo menggunakan komputer kita memerlukan sebuah aplikasi atau perangkat lunak untuk desain grafis. Beberapa aplikasi yang sering saya gunakan untuk desain grafis  menggambar berbasis vektor seperti Corel Draw danAdobe Ilustrator. Corel draw merupakan salah satu aplikasi berbasis vektor yang banyak dikenal dan digunakan masyarakat luas. Aplikasi berbasis vektor ini bisa kita gunakan untuk menggambar berbagai objek, mendesain sebuah produk ataupun membuat logo.



Kali ini saya akan membuat logo menggunakan Corel Draw X5. Logo yang saya akan buat yakni logo Manajemen Informatika Politeknik Negeri Lampung. Berikut langkah langkah membuatnya.

Buka Corel Draw X5 buat lembar kerja baru .


Seperti logo yang telah ada diatas terlebih dahulu hita membuat sketsa sayap  menggunakan beizer tool.


Dalam menggambar sketsa sayap hanya cukup menggambarkan bagian sebelahnya saja.

Bengkokkan garis dengan cara menggunakan Shape Tool atau bisa juga menekan F10 lalu klik kanan pada garis lalu pilih to curve setelah itu garis bisa dibengkokkan. Lakukan cara ini hingga objek terbentuk sesuai keinginan kita.


Untuk membuat sayap bisa singkron kanan dan kiri cukup mengcopy objeknya setelah itu kita gunakan tool mirror horizontaly dan otomatis sayap satunya akan terbalik yang tadinya arah kanan menjadi kiri.


Langkah selanjutnya yang akan kita buat yakni bagian atas sayap menggunakan biezer tool  . Seperti diatas untuk membuat objek menjadi dua dan singkron kanan kiri cukup copy paste dan gunakan tool mirror horizontaly.

Selanjutnya buat bagian tengah menggunakan biezer tool seperti gambar dibawah ini. setelah itu tempatkan objek dibagian tengah sayap.

Untuk membuat bagian bola dibagian atas kita gunakan Ellipse tool atau bisa menekan tombol F7. Setelah itu buat bagian tengah lingkaran dengan menggunakan biezer tool lalu copy menjadi tiga setelah itu tempatkan didalam lingkaran sesuai posisi.


Berikutnya membuat mahkota bagian atas dengan 1) membuat setengah terlebih dahulu dibagian kanan setelah itu copy dan paste lalu gunakan mirror horizontaly untuk membuat salah satu objek menjadi bayangan kaca 2) Setelah itu gabungkan kedua bagian dengan menggunakan Weld untuk menggabungkan objek yang bersentuhan atau bersingungan.


Selanjutnya kita buat bagian bawah dengan menggunakan biezer tool dan mirror horizontaly.



Bagian terakhir adalah membuat tulisan Manajemen Informatika bentuk melengkung. 1) Buat objek persegi panjang melengkung terlebih dahulu setelah itu lalu buat text menggunakan text tool, tuliskan Manajemen Informatika . 2) Untuk membuat text melengkung dan masuk kedalam objek gunakan fit to text pada menu Text. Setelah itu masukan kedalam objeknya dan jika sudah jadi berikan kedua lingkaran pada setiap ujung.


Tahap terakhir yakni memberikan warna pada setiap bagian-bagian, berikan warna sesuai warna logo aslinya. Memberikan warna pada bagian-bagian tertentu cukup mengklik bagian mana yang akan diberi warna setelah itu pilih warna dibagian samping. Berikan warna pada seluruh bagian.


Untuk menggabungkan semua bagian-bagian yang kita buat tadi menjadi satu objek yaitu dengan cara blok semua bagian lalu klik kanan setelah itu pilih Group maka semua bagian tadi akan menjadi satu objek utuh.


Dalam membuat logo menggunakan corel draw kita akan banyak menggunakan biezer tool dengan mengconvert garis menjadi kurva maka perlahan lahan kita bisa membentuknya menjadi objek yang kita inginkan. Cukup mudah bukan untuk membuat sebuah logo yang kita inginkan dengan menggunakan corel draw x5. Sekian artikel Membuat Logo Menggunakan Corel Draw X5.


EmoticonEmoticon