Saturday, October 29, 2016

Membuat Flowchart Menggunakan Microsoft Visio 2007

Manajemen Informatika Politeknik Negeri Lampung - Dalam menggambarkan skema sebuah urutan penyelesaian masalah kita harus tahu terlebih dahulu simbol - simbol yang digunakan dalam pembuatan flowchart pada postingan Mengenal Simbol - Simbol Flowchart. Banyak sekali aplikasi yang bisa kita gunakan untuk menggambarkan sebuah flowchart. Kita bisa menggunakan aplikasi yang sering digunakan orang untuk membuat flowchart yakni Dia atau pun Microsoft Visio.

Untuk kali ini saya akan membuat flowchart menggunakan Microsoft Visio 2007. Kali ini saya akan membuat Flowchart dari 2 algoritma dibawah ini :

✔  Algoritma Membuat Teh Celup

Siapkan Gelas 
Masukan Gula satu sendok teh
Masukan Teh celup
Tuangkan air panas
Aduk sampai gula terlarut

✔  Algoritma Menghitung Laba

Modal
Penghasilan
Laba diperoleh dari penghasilan dikurangi modal 
Jika laba > 0 maka untung
Jika laba < 0 maka rugi 

✔  Flowchart Membuat Teh Celup

Untuk menggambar flowchart terlebih dahulu kita buka Microsoft Visio 2007 lalu pilih Flowchart disebelah kiri.


Setelah itu Pilih Basic Flowchart dan Klik Create untuk membuat lembar kerja baru.




Sekarang saatnya kita menggambarkan flowchart dari algoritma membuat teh celup pada tahap pertama membuat simbol START . Selanjutnya " Siapkan Gelas " merupakan sebuah kondisi awal atau nilai awal yang harus kita gunakan adalah simbol Preparation. Hubungkan tanda START dengan Preparation Menggunakan Arrow.


Tahap selanjutnya Masukan Gula , Teh Celup dan Tuang Air panas merupakan sebuah input maka kita harus menggambarkannya menggunakan simbol input, cukup satu simbol kita bisa menggabungkan dari beberapa masukan tersebut.


" Aduk sampai gula terlarut " merupakan tahapan proses yang kita harus gunakan adalah simbol process.


Selanjutnya " Teh bisa diminum" merupakan sebuah hasil atau outputnya sehingga kita gunakan simbol Output dan untuk mengakhiri sebuah flowchart kita gunakan simbol END Terminator. Jangan lupa hubungkan setiap simbol menggunakan Arrow.



✔  Flowchart Menghitung Laba
Dalam penggambaran Flowchart Menghitung laba semua cara penggambaran dan simbolnya sama seperti yang diatas , hanya kita harus tahu menentukan penggunaan simbol untuk tahapan tahapan yang sudah kita buat. Namun untuk membuat Flowchart Menghitung Laba sedikit berbeda disini ada sebuah kondisi yang membutuhkan keputusan yakni "Jika laba > 0 maka untung dan Jika laba < 0 maka rugi " dalam tahap ini kita gambarakan adalah simbol Conditional/Decision. Saya berikan warna untuk menandai sebuah kondisi yang memerlukan keputusan tersebut.



Dari  Flowchart Membuat Teh Celup dan Menghitung Laba sekarang pasti sudah tahu langkah apa dahulu yang kita gunakan untuk membuat flowchartnya. Terlebih kita harus mengetahui simbol - simbol apa saja yang kita gunakan untuk menggambarkan flowchart dari algoritma yang sudah kita buat. Sekian tulisan saya kali ini apa bila ada kekurangan saya mohon maaf. Terima Kasih.


EmoticonEmoticon