Thursday, October 27, 2016

Membuat Bullets Numbering , Drop Cap dan Tanggal pada Dokumen Microsoft Word

Manajemen Informatika - Politeknik Negeri Lampung - Ada banyak penggunaan  fitur  didalam Microsoft Office Word dan kali ini saya akan membahas Bullet Numbering , Drop Cap dan Tanggal.
Bullet and Numbering berfungsi memberikan tanda maupun nomor pada kalimat yang kita inginkan ataupun pada poin-poin tertentu yang kita ingin beri tanda. Drop Cap berfungsi agar karakter pertama pada awal paragraf tampil lebih besar ini biasa digunakan di koran-koran maupun majalah. Sedangkan untuk membuat tanggal kita bisa menggunakan Date and Time pada Microsoft Office Word. Berikut ini penjelasan untuk Membuat Bullet Numbering , Drop Cap dan Tanggal pada Dokumen Microsoft Word  .

✔ Membuat Bullet And Numbering

Untuk membuat bullet and numbering seperti tanda atau nomor pada tulisan yang kita inginkan terlebih dahulu kita blok tulisan yang akan diberi tanda atau nomor


Setelah itu klik Bullets atau Numbering pada tab Menu Home pilih Bullets untuk memberi tanda dan Numbering untuk memberi nomor.



✔ Membuat Drop Cap

Untuk membuat drop cap terlebih dahulu kita haru memblok atau menyeleksi huruf yang akan diberikan drop cap.


Klik tab Menu Insert pilih Drop Cap lalu pilih Drop Cap Option untuk membuat drop cap sesuai yang kita inginkan. 


Setelah itu akan muncul kotak dialog pilih format drop cap yang kita inginkan, kita juga bisa memilih font yang akan kita gunakan serta tentukan line to drop dan distance from text. Klik Ok jika sudah selesai maka drop cap akan terbuat.




✔ Membuat Tanggal pada Dokumen

Untuk membuat tanggal pada dokumen kita tidak perlu menuliskan secara manual namun kita bisa menggunakan Date and Time untuk membuat tanggal. Klik menu Insert pilih Date Time.


Setelah itu akan muncul kotak dialog Date and Time setelah itu pilih format date and time dan juga bahasa yang kita inginkan. Berikan tanda ceklis jika ingin tanggal dan waktu terupdate secara otomatis. Setelah itu Klik Ok , otomatis akan muncul tanggal sesuai format yang kita inginkan.





Dalam penggunaan dan cara membuat Bullets Numbering , Drop Cap dan Tanggal pada Dokumen Microsoft Office Word diatas saya menggunakan Microsoft Office Word 2007 umumnya penggunaan pada microsoft word versi-versi terbaru pun sama hanya saja mungkin tampilan yang berbeda disetiap versinya. Sekian tulisan saya kali ini, terima kasih.


EmoticonEmoticon